Cara Mengatasi Ayam / Puyuh Sakit Pola Nogososro Sabukinten

by -185 views

Kebersihan kandang harus selalu di jaga maksimal setiap 3 hari sekali kotoran di buang karena jika kotoran menumpuk amoniak naik jadilah puyuh atau ayam sakit – sakitan, jika ingin lama tidak membuang kotoran untuk ayam layer petelur kandang panggung dari tanah ke atas tempat ayam tingginya 1,5 meter.

Untuk ayam layer dewasa terlanjur sakit tidak mau makan : ambil sbp nogososro satu tutup tuang ke dalam gelas isi air 500 mili + 10 tablet vitamin b complex tumbuk halus dengan sendok 4-10 gram vitastres, ambil 5 mili dengan suntikan yang sdh di ambil jarumnya lalu semprotkan ke mulut ayam yang sakit itu, di pastikan 2 hari sembuh.

Penggunaan ampas tahu untuk anak ayam ada yang tidak. cocok banyak yang mati, caranya segera hentikan ampas tahu itu, ganti derign bahan lain seperti, polar, dedak dan jagung.

Air yang mengandung bakteri ecoli

Biasanya waktu musim hujan ada daerah tertentu yang airnya tercemar bakteri ecoli sehingga menyebabkan ayam atau puyuh banyak yang mati cara ngatasinya : air yang akan di berikan minumnya ayam atau puyuh sebaiknya di fermentasi dulu dengan sbp nogososro caranya buat kultur ambil 1 botol aqua ukuran 1,5 liter isi air penuh + ambil 1 tutup sbp nogososro + 4 sendok tetes tebu atau larutan gula, cara penggunaanya ambil 300 mili dari botol aqua tadi campur dengan air 10 liter fermentasi 24 jam baru diberikan ke puyuh, setiap 2 hari sekali tendon tempat minum harus dibersihkan. Lebih praktis dan mudah lagi belikan filter air yang ada penyinaran ultraviolet harganya 1 juta aman karena sdh tidak harus membersihkan tendon air setiap 2 hari sekali.